Penyakit ayam adu yang sering terjadi pada organ tubuh ayam pada bagian kaki ayam, penyakit ini mungkin biasa dikatakan dengan istilah Bubul. Tepatnya pada bagian telapak kaki sang ayam, penyakit ini merupakan penyakit yang di sebabkan oleh infeksi pada bagian kaki (pada awalnya). Penyakit ini bisa di katakan atau di kategorikan ganas juga. Biasanya penyakit ini sangat sering di temukan ayam petarung yang diumbar bebas oleh pemiliknya agen sabung ayam, tidur diatas pohon, alas kandang yang tajam, luka saat nyeker dan lain-lain yang bisa menyebabkan luka di telapak kaki. Karena penyakit bubul sering terjadi pada ayam adu atau petarung yang sudah menginjak usia 6 bulan sampai 3 tahun ( tahap keganansan) karena pada usia ini lah sering terdapat sang ayam yang sudah terinfeksi bakteri. Berikut beberapa cara untuk mengatasi penyakit bubul pada ayam.

Cara pertama; Mensterilkan luka dengan sebisa mungkin dan menjaga kebersihan luka tersebut dan memberikan alas kandang yg empuk supaya luka tidak bertambah parah. Pengobatan tergantung seberapa parah tingkat lukanya. Kalau sudah terbuka cukup lebar, mungkin penyakit atau luka tersebut akan sangat sulit untuk disembuhkan. Tapi kalau masih kecil atau belum terlalu terbuka, kemungkinan penyakit ini masih bisa disembuhkan. Untuk tahap pertama, sembuhkan dulu bengkaknya dengan memberikan balsem setiap hari. Setelah bengkaknya mengecil, luka bisa disembuhkan dengan obat kutil agen sabung ayam terpercaya COLOMAC dan ditutup dengan menggunakan plester. Jangan sekali kali mencabut lukanya karenan justru akan menimbulkan luka yang baru. Melainkan biarkan saja lukanya keluar sendiri.

Cara kedua; Jika bubul sudah tua atau bengkak besar dan keras ambil paku atau logam yang seukuran dengan mata bubul yang mengeras pada kaki sang ayam, bakar paku tersebut sampai benar-benar panas dan kemudian tempelkan hanya pada mata bubul yang keras tersebut ( hati-hati pada saat menempelkan paku yang telah dipanaskan tadi, jangan sampai terkena kulit ayam sekitarnya ), biarkan sesaat sampai panas merasuk dan kaki ayam dihentakkan yang merupakan tanda kepanasan, ulangi 3 – 4 kali tindakan tersebut kemudian ayam diumbar agar sang ayam jalan-jalan, lakukan hal tersebut selama 3 hari. Biasanya dalam satu minggu mata bubul menjadi mati dan bengkak juga akan menjadi kecil, dan sang ayam dijamin tidak akan pincang lagi.

Cara ketiga; Tempelkan CAPLAK atau KOYOK CABE tiap 3 hari sekali diganti ada kemungkinan untuk menyembuhkan kaki sang ayam.