Cara Mengatasi Nafas Ayam Bangkok Aduan itu akan sangat penting bagi para pecinta sabung ayam, karena Nafas dari Ayam Bangkok Aduan adalah merupakan modal dasar untuk dapat bermain sabung ayam. Jika dalam pertandingan sabung ayam, diawal pertandingan itu biasanya dari ke dua ayam aduan akan melakukan satu gebrakan dan juga seandainya ayam tidak di berikan perawatan secara khusus , maka ayam itu tidak akan mendapatkan satu stamina yang baik.

Ayam yang memang mempunyai nafas pendek itu akan berakibat pada tenaga ayam, bahkan bisa juga melakukan hal yang bodoh jika sedang berhadapan dengan ayam yang memiliki nafas lebih panjang. Misalnya gebrakan awal ayam yang memiliki nafas pendek itu selalu berusaha untuk langsung menyelesaikan pertandingan, tetapi berbeda pada saat berhadapan dengan ayam aduan nafas panjang dan juga tahan pukul. Maka ayam tersebut pasti akan mengalami kesulitan, pukulan juga menjadi loyo, sayap turun ke bawah, dan bahkan pukulan tidak akurat dan juga berakibat pada kekalahan.

Jika para pecinta sabung ayam itu berkeinginan untuk memiliki ayam Bangkok aduan yang kuat dalam nafas yang bagusnya sebaiknya mulai dipelihara dari sekitar usia remaja, sekitar umur 4 bulan. Karena Ayam Bangkok aduan yang memiliki nafas yang kuat atau panjang itu sebetulnya sudah dketahui mulai umur 4 bulan. Dengan ciri-ciri :

– Muka terlihat kemerah-merahan ( ayam yang memiliki dasar untuk nafas yang panjang).
– Sedangkan muka yang terlihat pucat umumnya tidak memiliki nafas yang panjang dan hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan.

Mengapa anak ayam Bangkok aduan yang terlihat dengan muka kemerah-merahan itu bisa di katakan memiliki nafas yang panjang ? Hal ini dikarenakan darah pada anak ayam bangkok aduan itu memiliki peredaran darah yang baik sehingga dapat mengikat oksigen dengan lebih sempurna.

Oksigen yang merupakan zat pembakar untuk dapat menghasilkan energy dan juga stamina. Semakin tinggi kadar dari oksigen yang bisa untuk di ikat oleh ayam Bangkok aduan, maka akan semakin tinggi juga cadangan dari energy yang ada di dalam tubuh si ayam aduan tersebut.

Namun pada sebaliknya muka yang terlihat agak pucat karena kemampuan untuk mengikat oksigen itu lebih sedikit, enegy yang tersimpan juga akan semakin sedikit. Hal ini yang akan berakibat pada suplay oksigen kepada jantung dan juga otak berkurang yang mengakibatkan ayam juga menjadi mudah ngos- ngosan .

Informasi sabung ayam akan memberikan tips Cara Mengatasi Nafas Ayam Bangkok Aduan untuk para pecinta dan juga penggemar dari sabung ayam yang memiliki ayam Bangkok aduan yang bernafas pendek, diantaranya yaitu :

Ayam aduan hendaknya diberi makanan yang tidak mengandung lemak atau juga makanan yang sedikit sekali mengandung lemak. Untuk lebih tepatnya ayam diberi makan beras merah, karena beras merah itu hanya sedikit sekali mengandung lemak. Hindari juga pemberian makan seperti jenis makanan ayam yang berupa foer yang buatan pabrik, jagung, nasi dan juga seterusnya.
Ayam aduan hendaknya juga dirawat dengan cara dimandikan tiap pagi kemudian langsung dijemur sampai ayam sedikit kepanasan. Biasanya ayam yang sudah tidak kuat makan akan terlihat melonjat-lonjat atau juga seakan akan mau keluar dari dalam kurungan. Jika ayam sudah terlihat demikian harus segera diangkat ketempat yang lebih teduh dan juga ingat ayam jangan diberi minum sampai ayam itu sudah tidak ngosngosan. Biasanya waktu penjemuran antara 1 sampai 3 jam tergantung pada ayam dengan tingkat lemak yang ada di dalam tubuh ayam tersebut.
Untuk mendukung stamina dan juga nafas ayam aduan, ayam bisa diberikan jamu dengan ransum yang terbuat dari bahan alami seperti kencur, lengkuas, merica, kunci dan juga telur bebek. bahan bahan tersebut bisa diparut dan kemudian diberikan pada ayam.

Dengan perawatan diatas biasanya stamina ayam aduan dalam waktu kira kira satu bulan akan berangsur angsur membaik yang ditandai dengan nafas ayam yang panjang dan tidak lagi ngos ngosan. Diharapkan cara diatas mampu memberikan hasil kepada ayam yang memiliki anak ayam Bangkok yang bernafas pendek.