Saat ini ayam bangkok itu adalah salah satu dari sekian banyak ayam aduan yang mempunyai mental bertarung yang sangat bagus dalam bertarung karena selain ayam itu bertulang yang kuat tetapi juga memiliki mental pantang menyerah tetapi bagaimana agar ayam bangkok itu bukan saja hanya di lihat dari mental yang bagus dan juga semangat pantang menyerah tetapi juga dapat untuk membuat ayam bangkok yang mampu tahan pukul.

Untuk menjadikan ayam menjadi lebih kuat ketika dipukul lawan, hendaknya ayam aduan yang dirawat secara baik dan juga dalam pemberian makanan juga harus dengan nilai gizi yang seimbang, karena pertumbuhan otot dan juga tulang itu sebagian besar ditentukan dengan pemberian makanan dan dari rawatan yang benar.

Pada dasarnya Ayam bangkok dengan tulangan tipis itu biasanya memiliki mental yang kurang bagus dan berbeda dengan ayam bangkok dengan tulangan yang tebal selain dari bermental bagus ayam bangkok dengan tulangan tebal akan lebih kuat ketika dipukul lawan. Sebagai pecinta ayam bangkok yang mendapatkan ayam bangkok yang memiliki tulang tipis bukan suatu musibah jika ayan bangkoknya itu akan di adukan. Untuk dapat mengantisipasi ayam bangkok dengan tulangan yang lebih tipis supaya dapat diharapkan lebih kuat dipukul harus ayam bangkok itu harus mendapatkan pemeliharaan yang baik.

Adapun makanan yang dapat untuk mempertebal tulangan bisa juga diberikan kalek pada ayam diusia muda antara umur 3-6 bulan dan juga hindari pemberian kalek yang berlebih-lebihan pada ayam yang sudah dewasa karena dapat untuk memperberat tubuh ataupun juga gerakan dari ayam.

Sedangkan untuk dapat menguatkan kulit ayam terhadap pukulan ayam bangkok aduan itu bisa dirawat dengan cara:

Setiap hari ayam diolesi dengan parutan dari kunyit yang telah dicampur dengan kalek ataupun bisa juga dengan kapur yang dibasahi dengan air yang hangat. Cara untuk mengolesi bisa dilakukan dengan tangan dengan cara meratakan larutan tersebut di daerah leher, kulit kepala, kulit dada dan juga daerah yang sering menerima pukulan.

Kemudian setelah ayam bangkok itu selesai untuk diolesi dengan larutan tersebut hendaknya juga ayam diberi makan dengan daun nangka muda yang telah diparut atau bisa juga langsung dilolohkan ke mulut ayam langsung setiap harinya. Jika cara tersebut telah dilakukan secara rutin maka akan secara berangsur-angsur kulit ayam tersebut menebal dan juga mampu menerima rasa sakit terhadap pukulan, baik dari pukulan ayam yang bertaji maupun tidak karena larutan kunyit dan juga kapur dapat mempertebal kulit ayam.

Sedangkan makanan dari daun nangka muda tersebut mampu untuk menyehatkan kulit dan juga mampu menahan rasa sakit karena mengandung zat besi, asam folat, mangan, vitamin B6 dan juga niasin. Dengan memberikan perawatan secara baik maka ayam bangkok akan mempunyai daya tahan yang baik, sehingga anda tidak akan merasakan kecewa dengan ayam bangkok yang memiliki tulang kecil atau memiliki tulang tipis.